Top Ad unit 728 × 90

www.maniakqq.com

Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen

Tiga bulan yang lalu, Xisco Gracia mengalami apa yang digambarkannya sebagai mimpi terburuk bagi setiap penyelam, dia menemukan dirinya berada di gua bawah laut, bergantung pada kantong udara untuk bertahan hidup. Seiring berjalannya waktu, dia menyadari bahwa dia mungkin tidak akan ditemukan pada waktu yang tepat.

Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen

Bandar Ceme - Pada hari Sabtu tanggal 15 April, Xisco Gràcia menyelinap ke dalam air di Mallorca untuk menyelam rutin. Guru geologi menghabiskan sebagian besar akhir pekan menjelajahi dan memetakan sistem gua bawah laut yang kompleks di pulau ini.

"Mallorca jauh lebih indah di bawah tanah daripada di atas tanah," katanya.

Dia dan teman menyelamnya, Guillem Mascaró, ingin menjelajahi Sa Piqueta, sebuah gua dengan banyak ruang berjarak 1 km dari pintu masuk labirin. Mereka berenang di bawah air selama satu jam untuk sampai ke sana.
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen

Sementara Gràcia menghabiskan waktu mengumpulkan sampel batuan, Mascaró berenang ke chart di dekat ruangan.

Saat mereka menuju rumah, beberapa hal menjadi tidak beres sekaligus. Gràcia bertemu Mascaró secara kebetulan di persimpangan, dan mereka mengaduk lumpur dari tanah, sehingga sulit dilihat.

Mereka kemudian menyadari bahwa pedoman mereka - kawat nilon sempit yang mengarah ke pintu masuk - entah rusak atau tergelincir.
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen

"Kawatnya untuk tujuan membimbing, ditinggalkan begitu Anda memasuki gua dan Anda bisa mengikutinya lagi setelah itu," Gràcia, 54, mengatakan.

"Kita hanya bisa menebak beberapa batu telah jatuh di atasnya. Kami menghabiskan waktu yang berharga untuk menemukannya dengan sentuhan, tapi tanpa keberhasilan."
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen

Pada titik ini pasangan berada dalam bahaya besar. Mereka telah menghabiskan udara yang mereka bawa untuk mengeluarkannya dan keluar sebaik sebagian besar udara darurat mereka.

Untungnya, Gràcia ingat bahwa penyelam lainnya telah membicarakan sebuah kantong udara di sebuah ruangan di dekatnya. Dia menarik Mascaró ke sana, dan di sana mereka membicarakan pilihan mereka.

Keduanya tahu mereka hanya memiliki cukup udara untuk salah satu dari mereka untuk mewujudkannya.
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen


"Kami memutuskan untuk tetap tinggal dan Guillem akan mencari pertolongan, dia lebih kurus daripada saya dan tidak membutuhkan udara untuk bernapas. Saya juga lebih berpengalaman dalam menghirup udara gua, yang memiliki tingkat karbon dioksida yang lebih tinggi," kata Gràcia.

Mereka merencanakan alternatif, rute yang lebih panjang di peta. Mascaró harus melakukan perjalanan bersama sebagian tanpa panduan dan berpotensi tersesat.
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen

"Rasanya seperti mencoba mengemudikan mobil di malam yang sangat berkabut," kata Gràcia.
"Guillem enggan meninggalkanku sendirian, tapi kami tahu itu satu-satunya kesempatan kami."

Begitu Mascaró pergi, Gràcia melepas sebagian besar peralatannya dan menjelajahi bilik itu.

Panjangnya sekitar 80m (260ft) dan lebar 20m, dengan jarak antara 12m antara air dan langit-langit.

Ia menyadari air di permukaan danau itu bisa diminum. Dia juga menemukan sebuah batu datar yang besar dan menarik dirinya keluar dari air untuk beristirahat.

Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen


Gràcia memutuskan bahwa dia harus mengelola tanpa cahaya. Dua dari tiga obornya tidak lagi bekerja dan yang ketiga masih rendah baterai.

"Saya hanya menyalakannya saat saya buang air kecil atau turun untuk mendapatkan air bersih," katanya.

Ada sedikit yang bisa dia lakukan sekarang tapi tunggu, dalam kegelapan total, dan berharap bisa diselamatkan.

"Saya bertanya pada diri sendiri mengapa hal ini terjadi pada saya setelah bertahun-tahun menyelam," kata Gràcia.

"Tapi saya berharap selama tujuh atau delapan jam pertama karena saya pikir Guillem akan berhasil. Seiring waktu berlalu, saya mulai kehilangan harapan. Saya berpikir, 'Guillem telah tersesat dan meninggal dan tidak ada yang tahu saya dibawah sini.'"

Gràcia mulai memikirkan orang-orang terkasihnya di atas tanah.

"Saya memiliki dua anak, anak laki-laki berusia 15 dan anak perempuan usia sembilan tahun. Saya memikirkan bagaimana mereka terlalu muda untuk kehilangan ayah mereka dan apa yang akan terjadi pada mereka," katanya.

Meski ia berhasil tetap tenang, ia mulai mengalami efek pernafasan dalam kadar karbon dioksida yang tinggi. Sedangkan udara yang kita hirup di atas tanah adalah 0,04% karbon dioksida, di dalam gua tingkatnya setinggi 5%.

Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen


"Saya mengalami sakit kepala dan meski kelelahan karena kekurangan oksigen, saya tidak mungkin tidur. Otak saya berputar," katanya.

Pikirannya mulai menimpanya.

"Saya merasakan ada lampu di danau dan saya mendengar suara gelembung seorang penyelam muncul.

"Tapi ketika saya menoleh, saya tidak melihat apa-apa. Itu adalah halusinasi."

Gràcia kehilangan jejak waktu tapi setelah merasakan hari-hari ia mendengar suara keras di atasnya. Dia menyadari bahwa Mascaró pasti berhasil melakukannya.

"Awalnya saya mengira bisa mendengar suara tank yang penuh dengan udara untuk tim penyelamat. Kemudian saya sadar mereka pasti mencoba mengebor batu itu.

"Saya sangat senang saat menyadari bahwa mereka mencari saya."

Tapi kemudian suara-suara berhenti dan Gràcia menghadapi saat paling gelap.

"Saya memikirkan bagaimana saya bisa mati seperti kebanyakan orang yang paling takut - tanpa makanan atau udara," katanya.

"Cahaya saya hampir habis dan saya tahu saya tidak akan bisa turun untuk mendapatkan air dalam kegelapan.

"Saya memutuskan untuk berenang menyeberang ke tempat saya meninggalkan peralatan dan mengambil pisau. Saya ingin memilikinya sebagai upaya terakhir jika saya harus memilih apakah akan meninggal dengan cepat atau lambat."

Tak lama setelah Gracia ini dia mendengar suara gelembung lagi.

"Saya melihat dan melihat cahaya penyelam yang sepertinya semakin cerah dan cerah," katanya.
"Saya pikir itu halusinasi lain tapi kemudian saya menyadari itu nyata dan saya melihat sebuah helm muncul."

Itu adalah Bernat Clamor, seorang teman lama.

"Saya masuk ke air dan memeluknya, dia bertanya kepada saya bagaimana keadaan saya, dan mengatakan bahwa dia takut saya telah meninggal."

Gràcia mengetahui bahwa Mascaró berhasil meningkatkan alarm, namun usaha penyelamatan terhambat oleh visibilitas yang buruk.

Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen


Tim penyelamat kemudian mencoba mengebor lubang melalui bebatuan untuk memberinya makanan dan air - yang menjelaskan suara yang dia dengar - namun usaha ini juga gagal. Akhirnya, Clamor dan sesama penyelam John Freddy berhasil melewatinya, setelah menunggu satu hari agar lumpur bisa diurus.

Cobaan berat Gràcia masih belum berakhir. Clamor harus meninggalkannya untuk menghubungi tim penyelamat, namun memberinya beberapa kantong glukosa untuk meningkatkan tingkat energinya.

"Butuh delapan jam lagi untuk mengeluarkanku dari gua itu, tapi mereka delapan jam penuh," kata Gràcia.

Gràcia diberi udara yang diperkaya dengan oksigen untuk bernafas dan perlahan dipandu ke pintu masuk. Dia muncul terlambat pada hari Senin 17 April, 60 jam setelah dia masuk. Guillem Mascaró ada di sana untuk menemuinya.

"Kami berpelukan tapi tidak sempat berbicara saat mereka membawa saya ambulans.

"Ini memukul saya secara fisik begitu saya meninggalkan air, suhu tubuh saya 32C jadi saya berisiko mengalami hipotermia, saya diberi oksigen murni untuk bernafas dalam semalam."

Gràcia telah menahan emosinya untuk memeriksa keseluruhan pengalamannya.

"Anda harus bisa mengendalikan emosi Anda dengan menyelam Tapi keesokan harinya saya melihat liputan tentang operasi penyelamatan besar di TV dan saya menangis, saya sangat bersyukur."

Gràcia belum membelakangi diving, meski pelariannya yang sempit. Sebulan setelah kejadian itu, dia kembali ke Sa Piqueta. Dia bahkan pernah mengunjungi kamar tempat dia terjebak begitu lama.

"Saya tidak menaruh dendam terhadap gua itu - tidak seperti itu adalah kesalahan gua," katanya.
Gràcia mengatakan dia akan terus memetakan warisan bawah laut Mallorca.

"Anak-anak saya tidak suka banyak tapi mereka tidak menyuruh saya untuk tidak melakukannya," katanya.

"Saya telah menghabiskan 24 tahun menjelajahi bawah tanah, ada dalam darah saya."
Dua Hari Berada di Goa Bawah Laut Kekurangan Oksigen Reviewed by OngOng on July 17, 2017 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Maniak QQ © 2014 - 2015
Powered by Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
maniakqq